Tuesday, 22 October 2013

How Bullshit Are You?


Sudah sembilan tahun telah bapak presiden SBY memimpin Indonesia. Memimpin negeri dengan ribuan gugusan pulaunya. Memimpin negeri yang kaya ini. Dan menjadi pemimpin untuk generasi-generasi penerus negeri ini. 
Tidak dirasa pula perubahan-perubahan yang dilakukan sang bapak presiden setelah memimpin negeri ini. 

Artinya tinggal satu tahun lagi Pak SBY memimpin Indonesia dan kemudian diganti dengan presiden baru dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda pula. Kita tidak tahu apa yang akan dilakukan atau perubahan apa yang dilakukan presiden selanjutnya untuk Indonesia.

Politik tidak lebih adalah permainan terbesar dalam bisnis omong kosong.

Industri artifisial penuh kosmetik yang pernah ada di dunia. Sebagaimana bisnis omong kosong dijalankan, mereka harus berdiri diatas ribuan omong kosong agar omong kosong tersebut menjadi sebuah sesuatu yang bisa dijual dengan manis, dan dibeli dengan larisnya oleh para pemilih. Kalian boleh saja tidak sependapat. Silahkan. 

Menurut survey, diseluruh dunia, kita bahkan punya kepala negara yang dituduh secara serius oleh media massa telah menggelar pesta seks, mempekerjakan gadis-gadis pekerja seksual, tapi dia tetap memenangi pemilihan umum. 

Kita juga punya kepala pemerintahan yang hidup serumah dengan wanita diluar ikatan pernikahan, bangga menunjukkan ke rakyatnya, mempertontonkan sesuatu yang boleh jadi merupakan skandal besar di negara lain, tapi atas nama demokrasi, dia justru memenangi pemilihan umum di negaranya, dan pasangan wanita diluar nikahnya menjadi ibu negara, wanita paling terhormat di negeri tersebut. Di sebuah negara, ada bahkan pemimpin yang jelas-jelas mendukung kaum homo, lesbian, bahkan mengangkat menteri-menterinya dari kaum homo tersebut, dan mereka tetap memenangi pemilu di negaranya masing-masing. Ajaib. Mereka punya catatan buruk dibanding kita. 

Tetapi mereka tetap bisa menjual bisnis omong kosongnya. Menjadi presiden atau menteri. 

Jadi kalau anda homo atau mempunyai catatan-catatan buruk, dan anda jago sekali menjual omong kosong anda, bisa jadi besok lusa kita akan punya catatan seorang presiden homo pertama di dunia dalam zaman demokrasi modern di sebuah negara, yaitu negara Indonesia. Jadi kenapa tidak? Saya ulangi, kenapa tidak?

Pertanyaannya sekarang adalah HOW BULLSHIT ARE YOU?




Malang, 22 Oktober 2013



Terinspirasi dari novel "negeri diujung tanduk" tere liye
Reactions:

0 comments:

Post a Comment