Jumat, 28 Juni 2013

Mahasiswa berasal dari kata "maha" yang berarti sangat, amat, teramat, dan paling dan kata "siswa" yang berarti murid. Berarti dalam segi bahasa "mahasiswa" adalah murid yang belajar di perguruan tinggi atau tingkat jenjang pendidikan paling atas. Kalau kita bertanya siapakah mahasiswa itu??? 

Kalau menurut saya, "Mahasiswa adalah orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan di sebuah instansi perguruan tinggi baik itu Universitas, Institut, Akademik, dan sejenisnya yang tercatat di biro administrasi umum, memiliki kartu tanda mahasiswa dan aktif mengikuti formalitas perkuliahan di instansi yang dia tempati".

Tapi apakah mahasiswa itu yang setiap pagi pergi ke kampus dan sore hari hari pulang ke kosan? Apakah cuman berbekal KTM bisa disebut mahasiswa? Ataukah dengan bermodalkan jas almamater dan tumpukan kertas yang setiap hari dibawa bisa dikategorikan sebagai mahasiswa? Mungkin secara ciri-ciri umum bisa di kategorikan sebagai mahasiswa. Tapi apakah cuma sebatas itu saja? Sebenarnya mahasiswa mempunyai maksud dan peranan yang lebih luas dari apa yang sama-sama kita simpulkan.




Didalam dunia pendidikan ada yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu dasar tanggungjawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama. Adapun isi Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah :


1. Pendidikan dan pengajaran
    Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka meneruskan pengetahuan atau dengan kata lain transfer of knowledge yang telah dikembangkan melalui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi.




2. Penelitian dan Pengembangan

    Kegiatan penelitian dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian, maka ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian itu tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dalam pembangunan dalam arti luas. Artinya penelitian tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan oleh masyarakat pada saat itu saja, tapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan.




3. Pengabdian pada masyarakat

    Pengabdian pada masyarakat harus diartikan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagai hasil dari penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek.




Selain tri dharma perguruan tinggi itu mahasiswa juga berperan sebagai agent of control dan agent of change atau agen perubahan... Terlepas dari semua itu kita semua punya pengertian masing-masing tentang apa dan siapa mahasiswa itu...




5 komentar:

  1. khalisha azis28 Juni 2013 03.40

    hidup mahasiswa!!!

    BalasHapus
  2. khalisha azis1 Juli 2013 19.43

    mahasiswa adalah media dari aspirasi rakyat bukan malah tambah menderitakan rakyat dengan demo demonya

    BalasHapus
  3. Alifah Nurkhairina6 Juli 2013 10.44

    Itulah peran dan fungsi mahasiswa yg betul. GREAT!!!!

    BalasHapus
  4. Agung Azhari9 Juli 2013 21.58

    Mahasiswa sebagai media aspirasi dari masyarakat....... hehehehehehe..........

    BalasHapus
  5. Hery Maulana Arif15 Juli 2013 21.27

    saya rasa mahasiswa itu agent of change

    BalasHapus